You are currently viewing Ada Rusa “Candy” di Green Grass Cikole

JALAJAHNUSAE.com – Keberadaan rusa di objek wisata Green Grass Cikole di Cikole Jaya Giri Lembang,Kabupaten Bandung Barat (KBB) menambah spot bagi para pengunjung objek wisata yang baru dibuka, 19 November 2019  itu.

Pada 8 Desember 2019 lalu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB Sri Dustirawati berkesempatan memberikan nama kepada salah satu dari 6 ekor rusa titipan (hibah) dari Istana Bogor tersebut.

Nama yang disematkan untuk rusa betina ke-6 yakni Sricandy (Candy) yang diambil dari kata Srikandi. Makna filosofi   dibalik pemberian nama tersebut adalah agar rusa dimaksud bisa tumbuh sehat dan kuat, tanpa menghilangkan kesan elegan dan menarik,bagai srikandi.

Diharapkan rusa dengan panggilan “candy” juga berarti manis nantinya dapat menjadi daya tarik wisata baru di area KBB . Apalagi nama ini cukup familiar ditelinga kaum milenial.

Rusa tutul yang dikenal dengan nama latin Axis axis ini sendiri  adalah sebagian rusa  hibah dari Istana Bogor yang kini jumlahnya mencapai 600 ekor.

Foto:zulfie

Jumlah ini sudah melebihi populasi ideal yakni 400 ekor sehingga  Presiden Jokowi mengintruksikan agar dapat disebar ke berbagai wilayah.

“Dari dari 38 daerah pemohon, alhamdulillah kami (Perhutani Jawa Barat) kebagian 6 ekor, masing-masing 2 jantan dan  4 betina. Dan jumlah 6 ekor ini adalah rusa terbanyak yang diberikan karena perhutani dinilai sudah berpengalaman merawat dan  mengembangkan rusa” kata General Manager Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Divre Janten, Agus Mashudi.

Ditempat yang sama Kadisbudpar KBB Sri Dustirawati berharap kehadiran kandang rusa di Green Grass Cikole akan menjadi daya tarik wisatatawan yang berkunjung di  komplek area hutan wisata Cikole Jayagiri  Resort.

“Agar setiap obyek wisata bisa berkembang dengan baik harus memiliki unsur 3A yakni atraksi (attraction), mudah dicapai (accessibility), dan fasilitas (amenities). Nah di Green Grass ini sudah memunhi unsur tersebut sehingga harus benar-benar dimanfaatkan seoptimal mungkin,” pesan Dustirawati.

foto:zulfie

Sebagaimana diketahui, Perum Perhutani Divisi Regional (Divreg) Jawa Barat dan Banten telah menghadirkan objek wisata baru bernama Green Grass Cikole.

Bernuansakan alam murni nan alami, Green Grass Cikole menyuguhkan sejumlah fasilitas ciamik.

Dengan luas area sekitar 24 hektar, Green Grass Cikole menawarkan sejumlah fasilitas wisata yang mengasyikan.

Di sini pengunjung bisa menggelar berbagai event. Seperti camping, live music, family gathering, wedding yang dapat menampung 2000-3000 orang dengan fasilitas lengkap dan banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga taman rusa dan kita bisa berinteraksi langsung dengan 6 ekor rusanya misalnya dengan memberi makan.

Green Grass Cikole ini memiliki 4 blok dengan tarif booking area per masing-masing blok sebesar Rp 2 juta belum termasuk tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang.

Agar lebih berkesan, baik komunitas maupun pengunjung dengan peserta lebih dari 100 orang berhak menempelkan logo komunitas atau kelompoknya di signboard yang telah disediakan.

Green Grass Cikole ini mudah dijangkau karena berada di wilayah wisata yang berdekatan dengan Cikole Jaya Giri Resort, Bandung Treetop, Orchid Forest dan Tangkuban Perahu.

Di sini, terdapat juga area meeting outdoor dengan nuansa alam pepohonan pinus yang menakjubkan.

Gimana? Penasaran kan. Sok, jadwalkan berkunjung ke Green Grass Cikole pekan ini.