You are currently viewing Ini Himbauan Disparbud Jabar Hadapi Penyebaran Virus Corona

JALAJAHNUSAE.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mengeluarkan surat edaran yang menghimbau agar seluruh pelaku pariwisata  melakukan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Dalam surat bernomor: 556/182-pemas tertanggal 28 Januari 2020 tersebut  Disparbud menghimbau di daerah pariwisata harus sungguh-sungguh melakukan antisipasi dan mitigasi penyebaran virus mematikan tersebut.

Berikut point-point surat edaranantisipasi dan mitigasi penyebaran virus yang ditandatangi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat H.Dedi Taufik:

  1. Meningkatkan koordinasi antar insan pariwisata di Jawa Barat untuk mengambil langlah-langkah yang perlu dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona melalui kegiatan pariwisata.
  2. Berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan/Sarana kesehatan setempat untuk mencegah penyebaran penyakit pada tempat padat wisata.
  3. Meningkatkan pengawasan pada kegiatan pariwisata,khususnya yang datang/berhubungan dan berasal dari negara terjangkit, untuk selanjutnya dilakukan pertolongan pertama.
  4. Tersedianya area/ruang untuk fasilitas yang diperlukan, antara lain:
    1. Wawancara mendalam (holding room) apabila ditemukan wisatawan yang diduga terpapar.
    2. Ruang Isolasi Pertama
  5. Memastikan penggunaan masker atau alat pelindung diri lainnya untuk karyawan frontliners guna mengantisipasi penularan penyakit.