You are currently viewing Bermain di Bandung, Berikut 4 Lokasi Wisata Edukasi Tanpa Dipungut Biaya Masuk

Bandung terkenal sebagai kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, dan sekaligus sebagai ibu kota provinsi.

Kota Bandung memiliki banyak julukan, seperti Kota Kembang, Kota Kuliner, Kota Wisata, Kota Fashion, Kota Kreatif, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Kota Bandung terkenal dengan wisata kuliner dan tempat rekreasi yang ramah bagi keluarga, pasangan, teman, dan siapa pun yang akan kalian ajak.

Banyak sekali ragam pilihan wisata dan rekreasi di Kota ini, salah satunya adalah museum.

Bandung memiliki museum yang tak kalah seru untuk dijadikan tempat alternatif wisata dan liburan.

Ada banyak museum di kota Bandung yang bisa Anda kunjungi, dan ada pula beberapa museum yang masuknya tidak bayar alias gratis. Berikut 4 Lokasi Museum yang tidak dipungut biaya.

1. Museum Konferensi Asia Afrika

info wisata bandung

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan sebuah gedung pertemuan Konferensi Asia Afrika yang pertama kali diselenggarakan pada tanggal 18 sampai 24 April 1995 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

Gedung ini diresmikan pada tanggal 24 April 1980 atas ide salah satu mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Prof. Dr, Mochtar Kusumaatmadja. Gedung ini berisi tentang replika yang di pakai saat melakukan Konferensi Asia Afrika dahulu.

Museum ini beralamat di di Jl. Asia Arika No.65, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Jam buka operasional Selasa hingga Minggu, dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, dan setiap hari Senin libur.

2. Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia merupakan sebuah bangunan yang isinya terdapat perangko, surat-surat, alat-alat timbangan untuk paket barang atau timbangan surat, kotak pos, dan berbagai macam koleksi pos zaman dahulu.

Museum ini beralamat di Cilaki St No.73, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.

Museum Pos Indonesia buka dari hari Senin hingga Jum’at pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, Sabtu 09.00 hingga 13.00 WIB, sedangkan untuk hari Minggu libur.

3. Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.*
Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.* Annisa Salsabila Pratiwi
Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau biasa disebut Museum Monju merupakan sebuah bangunan museum yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Jawa Barat dari zaman kolonial sampai era pemberontakan.

Di museum ini Anda akan disuguhkan dengan koleksi peralatan perang para pejuang, seperti senjata api, seragam, dan lain-lain.

Lanjut di ruangan berikutnya ada patung manekin yang dipakaikan baju-baju di zaman peperangan. Di ruangan lainnya, Anda akan disuguhkan diorama lengkap dengan headphone yang bisa digunakan untuk mendengar cerita dan penjelasan diorama tersebut.

Museum ini beralamat di Jl. Dipati Ukur No.48, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa barat 40132.

Museum Monju beroperasi dari hari Senin hingga Jum’at, pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu libur.

4. Bandung Planning Gallery

Bandung Planning Gallery.*
Bandung Planning Gallery.* Annisa Salsabila Pratiwi
Bandung Planning Gallery merupakan museum yang menawarkan konsep wisata interaktif berupa anjungan tata kelola dan rencana pembangunan kota Bandung di masa depan.

Beralamat di Jl.Aceh No.36, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Bandung Planning Gallery beroperasi pada hari Senin hingga Sabtu pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan untuk hari Minggu libur.***

Sumber berita : PIKIRAN RAKYAT.com