You are currently viewing Libur Panjang, Sektor Pariwisata di Jabar Mulai Menggeliat.

Sejumlah destinasi wisata di Jawa Barat diserbu wisatawan saat libur panjang akhir pekan. Pemerintah Provinsi Jabar menyebut geliat pariwisata di Jabar sudah mulai terasa. Geliat meriahnya sektor pariwisata di Jabar ini tak terlepas dari pemantauan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dalam liburan akhir pekan ini. Menurutnya, sejumlah destinasi di Jabar seperti di Kabupaten Bandung Barat, Bogor, Pangandaran, kawasan pantai selatan hingga Cirebon mulai dipadati pengunjung. “Untuk jumlah wisatawan yang datang ke Jawa Barat masih dalam pendataan. Namun, memang terjadi kepadatan terutama sekitar objek wisata karena long weekend,” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik di Bandung, Minggu (23/8/2020).

Selain terjadinya kepadatan di beberapa destinasi wisata, Dedi mengatakan okupansi atau tingkat hunian hotel di beberapa daerah juga mengalami kenaikan. Saat ini, okupansi hotel sudah menyentuh angka rata-rata 40-50 persen dari target 19 juta orang. “Target penyesuaian di masa pandemi Covid-19 sebanyak 19 juta orang. sejauh ini, okupansi hotel di Jawa Barat ada di angka rata-rata 40 persen sampai 50 persen,” katanya.

“Meski belum maksimal, tapi sejauh ini sektor pariwisata sudah mulai menggeliat, ditandai dengan meningkatnya okupansi hotel,” kata dia menambahkan. Kendati demikian, Dedi menegaskan penerapan protokol kesehatan tetap jadi yang utama. Bahkan, sambungnya, pihaknya melakukan pengawasan langsung di lapangan terkait penerapan protokol ini.

Fungsi pengawasan yang dilakukan pemerintah mengacu pada Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Nomor 440/1222-Pemas Tahun 2020 tentang Panduan Strategi: Adaptasi Kebiasaan Baru Bidang Parbudekraf dengan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Gubernur Nomor 60 Tahun 2020. “Namun demikian kita harus tetap waspada dan mengutamakan protokol kesehatan agar tidak terjadi klaster baru penyebaran COVID-19,” tuturnya