You are currently viewing Wisatawan di Bazoga Anjlok 70 Persen Saat AKB dan PSBB

Penerapan kebiasaan baru (AKB) di Bandung yang diperketat berpengaruh pada sektor pariwisata di Kota Bandung. Salah satunya, Kebun Binatang atau Kebun Binatang Bandung  (Bazoga). Pada akhir pekan lalu, kunjungan wisatawan Bazoga menurun hingga 70 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelum AKB diperketat. Selain itu, ada dampak dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta diberlakukan. “Ada pengaruhnya hari Minggu (20/9) kemarin hanya masuk 30-35 persen dari kunjungan normal. Sama hari biasa 35 persen. Kapasitas pengunjung biasa hari Minggu lima ribu kemarin hanya sekitar seribuan,” kata Manajemen Komunikasi Bazoga Sulhan Syafi’i. Sulhan menyebut masyarakat untuk berwisata juga semakin meningkat seiring dengan kasus COVID-19 di Bandung. “Orang-orang banyak yang nanya ke kita buka atau tidak. Karena mereka ragu-ragu dan imbasnya Maret 2020 awal kemarin tutup. Mungkin keraguan itu ada, ada juga yang ingin diam di rumah,” tutur Sulhan.

Meskipun tingkat kunjungan wisatawan pada destinasi  wisata Bandung menurun  ,  Bazoga  tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti pengecekan suhu, cuci tangan dengan aliran udara, dan jaga jarak saat pembelian tiket. “Kita ada pengumuman sejam sekali diumumkan patuhi protokol kesehatan. Di pintu masuk ada  keamanan  dan penjaga untuk cek membuat masker dan cuci tangan,” ujarnya. Dia berbicara selama di dalam area Bazoga dengan luas sekitar 14 hektar pengunjung wajib menggunakan masker kecuali saat sedang atau sedang makan. “Mau datang silahkan. Mohon patuhi protokol kesehatan dan wajib ukur suhu. Di dalam juga wajib masker kecuali mereka sendiri di titik tertentu,” katanya.

Hingga saat ini, beberapa fasilitas masih ditutup seperti area permainan, foto dengan satwa, tunggang satwa, dan area makan. “Food court masih tutup kecuali satu makanan cepat, permainan tutup, foto dengan tidak boleh kecuali dengan burung makan dan itu tidak boleh dipegang, tunggang satwa di  Bazoga  masih tutup. Kita hindari kontak dengan pengunjung,” kata dia.

Sumber : detik travel