You are currently viewing Belum Semua Jalan di Bandung Punya Jalur Sepeda, Yana: Saling Menghargai

Belum semua ruas jalan dilengkapi jalur khusus untuk sepeda. Pada Peringatan World Bycicle Day 2021 Yana Mulyana meminta kepada masyarakat Kota Bandung yang memiliki hobi gowes untuk saling menghargai antar pengendara.

Jangan sampai, insiden bersepeda Road Bike dengan pengendara lainnya di Jakarta, terulang di Kota Bandung.

Yana juga meminta, jika melintasi di jalan yang belum memiliki jalur khusus sepeda, agar bersepeda di lajur kiri dan tidak menghalangi jalan pengendara lain.

“Tetap di pinggir kiri, harus tetap berbagai, bukan berarti Kota bersepeda kita dapat keistimewaan di jalur jalan raya itu, kita harus berbagi dengan penghina jalan yang lain,di Balai Kota Bandung.

“Jalan bukan khusus sepeda saja, berbagi atuh, jadi sok sepeda mah di jalurnya, kalau ada jalur di jalurnya,” tambahnya

Yana juga berujar, untuk di Bandung sendiri baru jalur khusus bersepeda secara umum, belum ada jalur khusus untuk road bike.

“Kita bikin jalur sepeda untuk digunakan semua jenis sepeda. Di kita enggak (jalur road bike). Kita ajak teman komunitas yuk butuh di mana, kita kajian bersama, kita punya anggaran ada kita kerjain, sekarang kan yang sudah kita lakuin kaya gitu,” paparnya”

Yana menyebut, belum semua ruas jalan memilki jalur sepeda. Notabene, di ruas jalan yang ada di pusat kota yang sudah memiliki jalur khusus sepeda. Jalur khusus sepeda dibuat agar para bersepeda merasa aman.

“Di koridor tertentu saja, karena keterbatasan juga, tapi kita juga sudah buat jalur ke wilayah pinggir juga. Minimal kita memfasilitasi uporia masyarakat supaya niat kita aman ya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk ruas jalan yang belum ada jalur khusus sepedanya pihaknya akan kembali mengkaji. “Kita kajian lagi, jalan-jalan di Kota Bandung relatif sempit dan pendek, butuh kajian juga.

Sumber: detiknews