You are currently viewing Taman Hutan Raya Djuanda

Alamat: Jl. Pakar Kulon No.13, Ciburial, ,Cimenyan,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40198

Telepon: (022) 2515895

Luas hutan yang mencapai 590 hektar membentang dari kawasan Pakar hingga Maribaya. Tidak kurang dari 2500 jenis tanaman tumbuh di berkembang di Taman Hutan Raya Djuanda. Tahura Djuanda merupakan kawasan konservasi yang memadukan alam sekunder dengan hutan tanaman. Suasana hutan yang sangat alami ditambah beberapa objek wisata menarik menjadi daya pikat tersendiri. Berikut beberapa diantaranya.

1. Gua Belanda

Gua Belanda diperkirakan berumur tidak kurang 111 tahun. Ketika wisatawan memasuki Gua, hawa dingin akan langsung terasa. Gua ini terdiri dari tiga lorong yang saling terhubung. Jalanan di Gua ini cukup rata dan dinding Gua masih terdapat besi-besi berkarat seperti aslinya. Pastikan untuk memakai pakaian yang cukup tebal dan senter karena Gua ini sangat gelap.

2. Gua Jepang

Berjarak 300 meter dari Gua Belanda, Gua Jepang memilik empat pintu masuk dan dua lubang penjagaan. Konon katanya Gua Jepang ini dibangun dengan kerja paksa atau lebih dikenal dengan romusha.

3. Air Terjun dan Curug

Ada tiga air terjun yang terkenal di Tahura Djuanda, diantaranya Curug Dago, Curug Omas, dan Curug Lalay. Curug Dago memiliki ketinggian 12 meter, di tempat ini ditemukan dua prasasti peninggalan Raja Thailand. Sedangkan Curug Omas lebih dikenal dengan Curug Maribaya karena lokasinya yang berada di kawasan Wisata Maribaya, ketinggian curug ini sekitar 30 meter. Curug Lalay yang memiliki ketinggian air terjun yang sama dengan Curug Omas namun lokasi curug ini sedikit tersembunyi diantara lembah.

4. Museum Ir. H. Djuanda

Museum yang dibangun sebagai penghormatan kepada seorang tokoh pahlawan nasional Ir. H. Djuanda. Museum ini berukuran kurang lebih 8 x 10 meter. Di dalam museum tersimpan berbagai macam penghargaan yang diterima oleh Ir. H. Djuanda.

5. Tebing Keraton

Menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam di tebing ini. Untuk masuk ke Tebing Keraton berlaku tiket terpisah dan berlaku tiket terusan ke Tahura untuk satu hari.

6. Penangkaran Rusa

Di tempat ini wisatawan akan disuguhi berbagai informasi tentang rusa termasuk manfaat dari rusa itu sendiri.

Jam Buka: 

Setiap hari 08.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket

Tiket Masuk Rp 15.000 

Parkir Mobil Rp 5.000

Parkir Motor Rp 3.000

Parkir Bus Rp 15.000