You are currently viewing Bandung Barat Punya Lapangan Golf Terbaik Asian

Satu lagi destinasi Jawa Barat tercatat sebagai venue terbaik di Asian. Khususnya untuk sport tourism golf. Pekan ini, tepatnya pada 6 November 2019, Parahyangan Golf Bandung, di Kabupaten Bandung Barat dinobatkan sebagai “Best New Course in Asia Pacific” dalam ajang Asian Golf Awards ke-20 di Gurugram, India.

“Predikat ini bisa mendongkrak sport tourism Jawa Barat. Tinggal bagaimana kita mengemasnya dalam sebuah paket yang diitawarkan kepada wisatawan,” kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata– Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Jawa Barat Budijanto Ardiansjah kepada Jalajahnusae.com, Kamis (14/11/2019).

Menurut Budjanto,Jawa Barat memiliki  sport tourism yang cukup baik. Termasuk potensi lapangan golf yang tersebar di beberapa daerah.

“Jika ini dikelola dengan baik dalam bentuk kalender event, bisa jadi akan mendorong destinasi unggulan bagi Jawa Barat,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat Engkus Sutisna mengapresasi pencapaian  Parahyangan Golf Bandung ditingkat internasional. Prestas ini tentu akan berdampak positif di masa yang akan datang.

“Kami, pemerintah daerah selama ini terus memberikan dukungan melalui KONI dalam rangka pembinaan atlet golf. Beberapa kali saya bersama Pak Gubernur juga sering diundang dalam kegiatan olahraga golf di Parahyangan,” kata Engkus.

Oleh sebab itu,lanjutnya, kedepan cabang golf ini diharapkan tidak saja menjadi bagian dari kegiatan olahraga,tetapi juga bisa menjadi tujuan wisata melalui program sport tourism.

Seperti diketahui, penobatan Lapangan Golf Pahrayangan ini diberikan hanya berselang 13 bulan sejak lapangan golf itu dibuka. Penghargaan prestisius itu sendiri diterima langsung oleh Daniel Huang dari Parahyangan Golf Bandung.

Keberhasilan ini juga menjadi kebanggaan tersendiri dalam industri pariwisata, khususnya di kota Bandung, berkaitan dengan wisata golf.

Parahyangan Golf Bandung merupakan lapangan golf terbesar di Jawa Barat. Menempati lahan seluas 74 hektare dengan ketinggian 650 mdpl, masing-masing lubang golf menghadirkan pemandangan dan tantangan berbeda.

Lapangan golf ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya driving range, ruang VIP, ruang loker, spa, sauna, serta restoran khas Sunda.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah  dikelilingi pegunungan dan lembah, serta lokasinya hanya berjarak kurang dari 10 mil di sebelah barat Kota Bandung.

Akses menuju lokasi juga sangat mudah,dapat dicapai melalui tol Cipularang dengan akses keluar gerbang tol Padalarang. Untuk akomodasi, tersedia hotel Mason Pine Bandung yang terletak tidak begitu jauh.

Lapangan golf yang memenuhi kebutuhan sebagai Championship Golf Course ini dirancang oleh arsitek lapangan golf ternama, yakni Bob Moore dari JMP Golf Design Group, Amerika Serikat.

Dengan kelebihan landscape design yang indah menyatu dengan gunung dan lembah memberikan pengalaman serta tantangan baru bagi para pencinta golf.

“Apresiasi penghargaan ini adalah yang dibutuhkan untuk mengangkat industri golf di Indonesia. Kami berharap industri golf akan terus bertambah baik,” ujar George Chandra, Senior Advisor Parahyangan Golf Bandung.

Dikatakan Chandra, pihaknya sangat bangga dan menerima penghargaan tersebut dengan rasa hormat dan kerendahan hati.

“Para nominator yang kami hadapi juga  sangat bagus,baik mutu dan kualitas lapangannya, khususnya untuk kategori Best New Golf Course in Asia Pacific,” tambahnya.

Sebagai lapangan golf dan club house berbintang lima yang memiliki keindahan alam tentunya akan memberikan rasa nyaman dan pengalaman tersendiri saat menikmati bermain golf.

Berlatih “swing” di driving range untuk memperbaiki pukulan sebelum turun ke lapangan lalu bersantap di restoran khas Sunda yang menghadap lapangan golf menjadi sensasi tersendiri.

(adh)