Efek COVID-19, Asita DPD Jabar menghimbau kepada Seluruh Anggota melalui surat Terbuka

Ketua Asita (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies) DPD Jawa Barat Budijanto Ardiansjah memberikan arahan kepada seluruh Anggota, untuk tetap semangat dan terus berusaha bertahan di era badai COVID-19 ini yang tengah memukul di semua lini industri termasuk industri pariwisata, karena bagaimana pun juga usaha harus tetap ditempuh untuk mempertahan kan perusahaan di era yang sulit ini, berikut Surat Terbuka secara lengkap dari Ketua Asita DPD Jawa Barat.

info wisata bandungSURAT TERBUKA KETUA DPD ASITA JAWA BARAT

Yang saya hormati & saya cintai kawan2 anggota Asita Jabar,

Saat ini kita semua sedang diuji dengan situasi yang tidak menentu akibat meluasnya wabah virus Corona ke seluruh dunia. Situasi yang telah membuat semua perekonomian melemah karena terhambatnya pergerakan barang & manusia untuk menghindari diri tertular dari virus tersebut.

Bagi dunia industri pariwisata, virus ini memukul kita dari semua sisi, baik inbound, domestik, outbound, bahkan umroh sekalipun. Virus ini membuat pergerakan manusia dari kota ke kota, dari satu negara ke negara lainnya untuk tujuan apapun menjadi hampir terhenti semuanya. Ini tentu saja situasi yang sulit bagi kita yang bergerak dibidang biro perjalanan & pariwisata.

Dalam situasi yang sulit ini, mau tidak mau kita dipaksa untuk harus berpikir untuk mengambil langkah2 yang terbaik, langkah2 untuk menyelamatkan usaha kita serta langkah2 untuk segera keluar dari krisis ini. Sebagai pengusaha tentunya kita tidak boleh menyerah karena kita percaya dibalik ini semua pasti ada hikmah yang mungkin bisa kita petik. Sebagai pengusaha, kita harus terus berusaha agar perusahaan yang kita jalankan akan tetap bertahan dan bahkan berkembang didalam situasi apapun. Tujuan mulia kita adalah memberi nafkah bagi semua karyawan kita & keluarganya.

Kawan2 yang saya banggakan, banyak dari kita yang saat ini sudah melakukan efisiensi baik itu pengurangan hari kerja, penawaran unpaid leave kepada karyawan ataupun langkah-langkah lain yang dapat mengurangi biaya operasional perusahaan. Sebagian dari kita mungkin masih bertahan dengan menggunakan tabungan perusahaan ataupun dengan cara2 lain. Apapun langkah yang kawan2 lakukan,semuanya dapat dipahami dalam situasi saat ini. Harapan saya sama seperti harapan kawan2 semua yaitu agar wabah virus corona ini dapat segera berakhir sehingga semua situasi dapat berangsur2 pulih kembali, perekonomian kembali bangkit & animo perjalanan dan wisata kembali bergairah.

Pada kesempatan yang baik ini, saya hanya mau menumbuhkan semangat kawan2 agar tidak menyerah apalagi putus asa, these too shall pass, badai pasti berlalu. Mari kita bersatu-padu mengatasi keadaan ini, siapkan produk-produk untuk kembali dijual nantinya, siapkan energi untuk kembali meraih keuntungan yang akan datang nantinya.

Terakhir, mari kita bersama2 berdoa agar kita semua selalu dalam lindungan Tuhan YME, dipenuhi dengan barokahNya sehingga dapat melewati cobaan ini dengan baik dan kedepan akan menjadi pemenang. Jangan lupa selalu gaungkan slogan “Keep Healthy & Keep Traveling”.

Salam Hormat,

Budijanto Ardiansjah

Ketua DPD Asita Jawa Barat

 

Close Menu