Jelang MotoGP 2022, Kemenparekraf Bangun Homestay Hingga Desa Wisata
Foto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021)

Kemenparekraf bekerja sama dengan Bobobox membangun 200 kabin dengan kapasitas masing-masing kabin dua orang.Kabin tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan pengunjung MotoGP.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus melakukan persiapan pelaksanaan ajang balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang direncanakan terselenggara pada 18-20 Maret 2022. “Kurang lebih dua bulan 12 hari dari penyelenggaraan MotoGP. Kami melibatkan semua pihak dalam melakukan sinkronisasi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam konferensi pers, Senin (3/1).

Untuk akomodasi, Kemenparekraf tengah menyiapkan desa-desa wisata yang menyediakan homestay untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan. Diprediksi akan terjadi lonjakan wisatawan hingga sepuluh kali lipat dari penyelenggaraan World Superbike November lalu.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, untuk meningkatkan jumlah penginapan, Kemenparekraf bekerja sama dengan sejumlah pihak, di antaranya Bobobox dan Eiger.

Vinsen menyebut, dalam dua bulan ini Bobobox akan membangun 100 hingga 200 kabin dengan kapasitas masing-masing kabin dua orang. Sehingga, nantinya kabin yang dibangun dapat menampung 400 wisatawan. Sementara Eiger, akan membangun tenda-tenda yang bersifat temporer. ”

Kami berharap bisa berkolaborasi dengan stakeholder lain untuk bisa mengakomodir lonjakan pengunjung,” kata Vinsen dalam konferensi pers, Senin (3/1).

Sementara itu, terkait kebutuhan SDM pada saat penyelenggaraan MotoGP 2022, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, nantinya kebutuhan SDM akan dibagi ke dalam tiga lingkaran.

Ketiga lingkaran tersebut adalah lingkaran 1 di dalam sirkuit, lingkaran 2 di area sirkuit, lingkaran 3 di luar sirkuit. “Pelayanan di lapangan akan kami sesuaikan dengan rencana yang sudah dibuat oleh kementerian dan lembaga terkait. Mudah-mudahan pekan ini sudah termapping dari sisi kebutuhan jumlah SDM,” kata Wisnu.

Selain itu, Kemenparekraf akan menyediakan produk-produk Ekonomi Kreatif khususnya buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkualitas untuk disediakan di sekitar area diselenggarakannya MotoGP. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam memastikan, nantinya dalam gelaran MotoGP, tidak hanya produk NTB saja yang akan dipasarkan, tapi produk khas dari berbagai wilayah Indonesia.

“Nanti bisa sebagai souvenir untuk turis, wisatawan sehingga bisa bawa pulang kenangan tersendiri untuk gelaran MotoGP,” kata dia.

Penjualan tiket MotoGP Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan mulai dibuka. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan tiket MotoGP Sirkuit  akan mulai dijual pada tanggal 6 dan 11 Januari 2022.

Pertamina Mandalika International Street Circuit akan membuka 4 kategori tiket di event MotoGP Indonesia Grand Prix bulan Maret 2022. Di antaranya, tiket Premiere Grandstand dan Hospitality Suites yang mulai dijual tanggal 6 Januari 2022. Sedangkan tiket dijual pada tanggal 11 Januari yakni Standard Grandstand dan General Admission.

Sumber : D katadata.co.id

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Jelang MotoGP 2022, Kemenparekraf Bangun Homestay Hingga Desa Wisata” , https://katadata.co.id/maesaroh/berita/61d2e6141ec3c/jelang-motogp-2022-kemenparekraf-bangun-homestay-hingga-desa-wisata
Penulis: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh

Close Menu