Jembatan Apung Cihampelas-Batujajar Diperbaiki, Ini Kata Pengelola

Bandung – Jembatan Cihampelas atau Jembalas di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih belum bisa dilalui, dari sejak salah satu bagiannya ambruk pada Minggu (2/1/2022). Sampai saat ini pengelola masih memperbaiki jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cihamepelas dan Batujajar itu.

Konsultan Perencana Pembangunan Jembalas Gaston Barus mengatakan, perbaikan yang dilakukan yakni memperkuat ponton dari drum yang menopang jembatan serta menambah ikatan pada bagian jembatan agar tak terbawa arus hingga konstruksinya patah lagi.

“Sampai saat ini masih melakukan perbaikan dan belum bisa dilalui. Kita memperkuat ponton dari drum supaya tidak terbawa arus lagi seperti kemari, lalu bagian jembatan kita ikat ke tanah,” ungkap Gaston kepada detikcom, Kamis (6/1/2022).

 

Pihaknya juga bakal menambah CCTV di beberapa titik jembatan serta perahu karet sebagai langkah pengamanan. Dengan demikian pengguna jembatan bakal merasa lebih aman saat melalui jembatan tersebut.

“Jadi itu semua sebagai antisipasi dan pengamanan untuk pengguna jembatan. Intinya kita perkuat semua termasuk penambahan tiga perahu karet dan tali pengaman jembatan dari eceng gondok,” katanya.

Nantinya arus lalu lintas kendaraan yang bakal melintasi jembatan tersebut juga akan diatur sehingga tidak membahayakan pengguna jembatan dan konstruksi jembatan tersebut.

“Itu juga sesuai arahan dari DPRD dan dinas terkait, minta diperkuat semuanya dan arus lalulintasnya diatur lagi. Jadi jangan sampai terlalu ramai yang lewat sehingga menambah beban berat di atas jembatan,” tegas Gaston.

Jika perbaikan sudah selesai, pihaknya menjamin jembatan tersebut aman dilintasi lagi oleh pengguna baik yang memakai roda dua maupun pejalan kaki.

“Kita jamin keamanannya karena sudah sesuai hasil inspeksi ini layak dilalui. Jadi kita kebut perbaikannya supaya jembatan bisa dilalui lagi,” ujar Gaston.

Sebelumnya jembatan yang menghubungkan Kecamatan Batujajar dan Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu ambruk. Padahal jembatan yang dibangun menggunakan material kayu itu baru diresmikan sebulan lalu.

Akibat ambruknya jembatan tersebut ada pengendara motor yang tengah melintas kemudian terjatuh namun tak sampai menimbulkan korban jiwa.

 

Sumber berita :

DetikNews.com

Close Menu